Nostalgia

Di suatu siang, di sebuah ruang kelas suatu universitas. Sebut saja Universitas Bulaksumur (UB). Di ruang tersebut sedang diselenggarakan aktifitas belajar mengajar dan sebut saja mata kuliah yang diselenggarakan adalah Pengantar Indahnya Indonesia (PII). Setelah matakuliah berjalan sekitar 10 menit, tiba-tiba ada seorang mahasiswa semester paling tua (berdasar ukuran semester normal) memasuki ruang perkuliahan dengan wajah cerah tanpa perasaan bersalah. Dengan tanpa sedikitpun rasa jumawa menodai hatinya walaupun sudah menyandang predikat senior di mata mahasiswa peserta kuliah yang lain, ia pun bersiap mengambil tempat duduk.

(*suasana gaduh oleh mahasiswa yang berdiskusi*)
dosen(D) : Loh..?!!! ngapain kamu di sini? (dengan lantang)
(*suasana hening…dan semua mata di ruang itu serentak menatap tajam sang mahasiswa*)
(*sorotan mata mereka seolah ingin menguliti hidup-hidup mahasiswa yang belum sempat duduk itu*)
mahasiswa senior(MS): …mmmm…. NOSTALGIA pak..(dengan tak kalah lantang)
D: ooo..saya senang sekali kamu ikut kuliah saya lagi
(*sang dosen pun menghadap papan tulis dan mulai menggambar sesuatu*)
(*mahasiswa tadi duduk dengan tenang tanpa firasat apapun*)
D: kamu yang baru saja datang..sekarang blok diagram ini namanya apa?(*seraya menunjuk sebuah diagram close loop control system*)
MS: …mmm..????@#$&*&*_ (*otak yang lemot mulai berusaha membuka sisa-sisa memori semeter lalu yang dia sendiri tidak tahu apakah semester lalu masih meninggalkan sisa di otaknya*)
MS: tidak tahu pak!!!!
D: BERARTI KAMU DI SINI NGULANG YA??!!!!!!
MS: ……mMm…(terdiam seribu bahasa, jiwanya merasa dunia seolah bergolak dan langit-langi beserta genting-genting diruangan itu berjatuhan diatas kepalanya)
(*suasana tenang dan kondusif tadi pecah dengan gelak tawa yang membahana*)

Pesan moral: jangan biarkan dirimu menjadi seorang publik figur, hingga dosen pun mengenal, sehingga proses infiltrasi dalam kelas dalam rangka NOSTALGIA dapat berjalan tanpa gangguan faktor X.

Tinjauan Sains: dengan rumus fisika kita dapat menggambarkan bagaimana tekanan yang dirasakan si MS. Dengan rumus dasar tekanan:

P = F/A
P = tekanan
F = gaya
A = luas permukaan

Dari rumus diatas apa bila P dianalogikan sebagai tekanan di kepala MS, F adalah kekuatan tawa dari ruang kelas dan A adalah luasnya cara pandang MS terhadap sebuah masalah. maka dapat diambil kesimpulan bahwa semakin banyak yang tertawa dan semakin keras mereka tertawa akan semakin menambah tekanan di kepala si MS.Dan seperti yang saya ketahui bahwa cara pandang si MS begitu sempit, sehingga tekanan yang diterima kepalanya lebih besar dari manusia normal.

Hehehe… mungkin dari rumus itulah muncul istilah “tekanan fikiran”, “tekanan batin” dan mungkin panjenengan sekalian mau mencoba membuat “tekanan” pada obyek-obyek yang lain??? >:)

Solusi: Dari analogi di atas, variabel yang bisa kita kendalikan adalah A (luas permukaan). jadi apa bila kita merasa tertekan, perbesarlah nilai dari A. Jika yang tertekan adalah pikiran kita, coba perluas cara pandang kita, dan apa bila yang tertekan adalah batin kita, maka lapangkan hati kita. Dengan begitu tekanan yang kita terima akan semakin kecil (kecuali nilai F naik).

*catatan:
1. jangan berfikitan kalau si MS adalah dipto.
2. jangan jadikan tulisan ini sebagai referensi tugas akhir

34 Responses to “Nostalgia”

  1. aad Says:

    :)) :)) :)) kudune koe pas arep mlebu kelas brubah sek dadi kesatria baja hitam…..

    diomongi dudu aku kok ngeyel!!! X(

  2. Goen Says:

    Saya tidak berpikir MS adalah Dipto, tapi saya yakin!

    begitu menohok.. :p

  3. zam Says:

    jamputt…

    sopo kui si MS??

    wakakaka

    embuh…. >:)

  4. Saya Says:

    Emang MS ki cah ndi tho??

  5. Tyo Says:

    G ngerasa wis dadi mahasiswa akhir, sih ngulang maneh :((
    Tp raiku kok koyok cah wingi sore yo :p

  6. MaNongAn Says:

    sepakat sama Goen !
    tapi sepertinya, hanya Baginda You Know Who saja yg faham dengan postingan anda ini (…. pernah mengikuti Olympiade matematika…..)
    berarti, anda salah satu sahabat kental beliau?
    *menjura*

    .::he509xâ„¢::.

  7. funkshit Says:

    wah sumpah keren iki kang
    ngga nyangka tulisan ini dari sampeyan :D:D
    rumus itu harus di tm kan .. . sampeyan penemu
    nda peduli walopun sampeyan mengulang mata kuliah

  8. anot Says:

    Namanya juga nostalgia, dialog “MS: tidak tahu pak!!!!” kan sama persis dengan jawaban semester kemarin :lol:

  9. manda Says:

    MS itu cuma nama samaran, 68% kemungkinan itu adalah yang buat blog ini..(a.k.a Dipto)

  10. leksa Says:

    Dosen : “…saya senang anda masuk kelas saya lagi..”
    MS : “…saya tidak pak..” :|
    Dosen : “sama dengan saya, cuman mau nyenegin situ aja..”

  11. Anang Says:

    berfikitan, apa itu… hehehehe… saya 68% yakinnya kalo itu dipto

  12. tooooooooooopics Says:

    wah koq banyak yang menanyakan hal yang retoris??

    kan udah pada tau kan, kalo MS itu… bukan Muhammad Samroni

  13. ario dipoyono Says:

    lo… dasar nya si senior tuh ga mau lulus kuliah… jadinya maish nyaman menyandang titel mahasiswa

  14. youtea Says:

    OOO ini blog barunya si kuman to…???
    yah kan masih sama yang kemarin alamat webnya..?
    piye to nang iki sing bener sing endi ? meh mgeaad binggung…

  15. d3ptzz Says:

    halah…ngaku wae dipt…

  16. chocoluv Says:

    bukan dipto djatmiko tapi mipto satmiko? *halah*

  17. balibul Says:

    kpan kowe dolan rene .. nggo susu shi jack

  18. serdadu95 Says:

    Guyon khas “akademisi”…..kudu nganggo rumus yo Kang???
    (*salam kenal*)

  19. thuns Says:

    MS = Mipto Sjatmiko

    hayoooo… betul toh :P

  20. gethuk_elektrik Says:

    menurut investigasi Bayu Edogawa lagi……

    MS = Mas SingjogoSIC = Sing duwe blog iki

    :lol:

  21. Raptor Says:

    Weleh weleh weleh…ade ade dogen ne nok…bise dogen ngae asumsi ane masuk akal…tapi beneh sajaan ento…nyemak jurusan ape di kuliah bro…fisika ooo? adi dueg ngae asumsi keto? sajaan salut rage nok…
    nah, salam kenal dogenan
    Raptor

  22. sash Says:

    hahaa….

    MS= dipto

    ngaku!!! :D

  23. the tukang nggedeblues Says:

    bar ngomyang terus ngilang .. hekekeke

  24. ShOFa Says:

    hahaha..
    untung aku perbaikan aja g ampe ngulang:P

  25. -tikabanget- Says:

    :( sapa yang cerita pengalaman sayah ke sodara,,,
    **nutup muka nahan malu**

  26. iben Says:

    halah…ternyata..

    MS.. : Mas Sipto.. mekso.

  27. capoenk Says:

    wah…
    koyone yo kang dipto iki..
    :D

  28. diditjogja Says:

    MS?
    Mesti Sampeyan ho’o to?

  29. tege Says:

    wah… curhat mas…

    Pesan moral: jangan biarkan dirimu menjadi seorang publik figur, hingga dosen pun mengenal, sehingga proses infiltrasi dalam kelas dalam rangka NOSTALGIA dapat berjalan tanpa gangguan faktor X.

    nais!

    MS: mase singnulis

  30. obat herbal chikungunya Says:

    artikelnya bagus dan asik dibaca sukses selalu sob

  31. herbal chikungunya Says:

    salam sejahtera saya sampaikan kepada semua hadirin sekalian semoga bahagia selalu, artikel yanga agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang dapat berkunjung kemari

  32. OBAT MATA SILINDER YANG SUDAH PARAH Says:

    nice post

  33. Apotek Herbals Says:

    Terimakasih, Semoga Bermanfaat

  34. lemari pakaian anak Says:

    nama universitasnya asli apa disesnsor itu? hehe

Leave a Reply

kucing